Kulkas


Kulkas atau lemari es adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigeration (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan. Sekitar 99,5% rumah di Amerika Serikat memiliki kulkas. Dia bekerja menggunakan pompa panas pengubah fase beroperasi dalam sebuah putaran refrigeration. Kulkas industri adalah kulkas yang digunakan untuk kebutuhan industri, seperti di restoran atau supermarket.

Mereka dapat terdiri dari lemari pendingin atau lemari pembeku atau keduanya. Sistem dua lemari ini diperkenalkan pertama kali oleh General Electric pada 1939. Beberapa kulkas sekarang dibagi menjadi empat ruang untuk penyimpanan jenis makanan yang berbeda:

  • -18°C (0°F) (pembeku)
  • 0°C (32°F) (daging)
  • 4°C (40°F) (pendingin)
  • 10°C (50°F) (sayuran), untuk menaruh berbagai jenis makanan.

Kapasitas sebuah kulkas diukur dalam liter. Biasanya isi pembeku adalah 100 liter dan pendingin 140 liter (namun dapat sangat bervariasi).


Cara Kerja Sebuah Lemari Es


Cara kerja sebuah lemari es sama seperti cara kerja sebuah air conditioner, yg berbeda adalah pemakaian compressor, evaporator, condenser dan pipa kapiler.
compressor pada lemari es umumnya bersklala kecil mulai dari 1/10 pk sampai 1/3 pk, evaporator dan condenser yg digunakan jg berbeda dengan evaporator dan condenser yg digunakan pada ac.

evaporator pada lemari es ada 2 macam yaitu evaporator basah dan evaporator kering.
pada lemari es keluaran terbaru, condensernya terdapat dalam body lemari es tersebut, jadi bila terjadi kebocoran pada bagian dalam condenser, satu-satunya jalan adalah mengganti condensor tersebut dan menempatkannya pada belakang body lemari es.
condenser pada lemari es tidak memerlukan pendinginan dengan sebuah fan motor, cukup dengan pendinginan alami.
pada lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak menggunakan fan motor untuk menghembuskan udara dingin, lain dengan kulkas dua pintu keluaran terbaru yg dibagian frezernya terdapat sebuah fan motor untuk menghembuskan udara dingin kebagian pintu bawah.
pipa kapiler yg digunakan pada lemari es jg lebih kecil dibandingkan dengan ac, lemari es mengunakan pipa kapiler ukuran 0,27" sampai dengan 0,31".
freon yg digunakan pada lemari es juga berbeda dengan freon yg digunakan pada ac split dan ac window.
ac split dan ac window menggunakan freon R22 sedangkan lemari es menggunakan freon R12 dan R134A.


3 komentar:

Abimayu Galang mengatakan...
1 September 2015 20.06

Wah makasih infonya, kemarin sempat ditawari pen jual display cooler itu sama kayak kulkas kan ya ? bedanya apa :o

Leave a Comment

Back to Home Back to Top All About Komputer n Refrigeration. Theme ligneous by pure-essence.net. Bloggerized by Chica Blogger.